Saat ini sosis telah menjadi makanan favorit di Indonesia. Di warung kecil, pasar, hingga supermarket, sosis dapat dengan mudah didapatkan. Harganya pun bervariasi, mulai dari 2000 rupiah untuk sebuah sosis siap makan.

Dengan berbagai macam harga dan pilihan merek, kita sebagai konsumen haruslah cermat dalam membeli sosis. Tidak semua sosis yang beredar di pasaran berbahan dasar alami dan layak konsumsi. Bahkan, beberapa produsen curang pun sama sekali tak menggunakan daging sebagai bahan sosis, melainkan tepung dengan campuran bahan-bahan kimia.

Untuk itu, ketelitian dalam membeli sosis adalah hal penting jika ANda ingin menjaga kesehatan jangka panjang. Berikut cara membedakan sosis berkualitas dengan sosis yang mengandung banyak zat adiktif:

Sosis Berkualitas

Sosis berkualitas yang terbuat dari bahan alami, lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan gangguan kesehata. Untuk mendapatkannya, perhatikan hal berikut:

1. Kemasan

Sosis yang berkualitas dan terjamin dikemas menggunakan kemasan bermerk dengan keterangan nama produsen, alamat, komposisi, info nutrisi (AKG),  tanggal kadaluwarsa dan tercantum nomor registrasi BPPOM.

2. Warna

Pergatikan warna sosis saat membelinya, sosis daging memiliki warna coklat kemerahan layaknya daging sapi. Sedangkan sosis ayam berwarna coklat pucat alami layaknya daging ayam.

3. Aroma

Sosis yang terbuat dari daging sapi dan ayam akan mengeluarkan aroma sesuai bahan dasarnya, yakni daging. Aroma ini tidak begitu menyengat tapi tetap tercium hidung.

4. Tekstur

Sosis berbahan alami memiliki kekenyalan yang sedang. Tidak terlalu kenyal atau keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Saat sosis dipotong, Anda akan melihat permukaan berpori yang berasal dari tekstur daging yang dihaluskan.

5. Ketika dimasak

Sosis berkualitas warnanya tidak akan luntur ketika Anda memasaknya, baik ketika di goreng, rebus, maupun bakar. Selain warna, sosis alami juga tidak terlalu mengembang ketika dimasak dan dengan cepat mengerut setelah suhu mulai mendingin.

6. Rasa

Ketika dimakan, sosis berkualitas akan terasa daging yang kuat beserta aneka bumbu yang diapakai dan tidak getir di mulut.

7. Harga

Karena menggunakan daging dan bumbu berkualitas, harga jual sosis alami tentu lebih mahal. Umumnya, sosis alami dipatok dengan harga lebih dari Rp 100.000 per kilogram.

Sosis Dengan Banyak Zat Adiktif

Sosis dengan banyak zat adiktif dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Kemasan

Umumnya, sosis jenis ini dijual lepas tanpa kemasan. Meskipun dikemas dalam wadah plastik pun tidak tercantum merk, nama produsen, alamat, komposisi, bahkan seringkali tanpa tanggal kadaluwarsa yang jelas.

2. Warna

Sosis dengan banyak zat adiktif memiliki warna oranye kemerahan yang mencolok. Begitu pula dengan warna casing sosis. Hal ini karena menggunakan pewarna sintetis yang tak layak konsumsi, seperti pewarna tekstil.

3. Aroma

Jika sosis alami beraroma daging, sosis dengan banyak zat adiktif malah beraroma obat.

4. Tekstur

Sosis jenis ini sangatlah kenyal ketika ditekan. Saat dipotong, teksturnya sangan licin, bahkan seperti tanpa pori-pori.

5. Ketika dimasak

Meskipun warnanya ketika mentah begitu mencolok, namun sosis tidak sehat ini warnanya akan luntur ketika dimasak.

6. Rasa

Ketika dikonsumsi, sosis ini memang memiliki cita rasa daging, namun tercampur dengan rasa obat dan agak getir.

7. Harga

Karena menggunakan sedikit daging, bahkan tidak sama sekali, sosis ini dipatok dengan harga relatif murah. Biasanya dijual degan kisaran harga Rp 80.000 di pasaran.

Sebenarnya sosis berkualitas dan layak dikonsumsi bisa Anda buat sendiri dirumah. Anda hanya membutuhkan daging dan bumbu sebagai bahan, serta casing sosis untuk membentuknya.

Siapa yang tak kenal dengan Sosis? Produk olahan daging yang satu ini memang sudah menjadi makanan terkenal di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Sosis adalah makanan cepat saji yang sangat praktis, dengan rasa yang enak, gurih, murah serta mudah anda jumpai.

Walaupun awalnya sosis pertama kali hadir di Sumaria (Irak), namun sosis berkembang pesat di negara Eropa. Tertutama di Jerman, yang kini telah menjadi kiblat dari sosis karena sosis merupakan makanan utama Jerman yang kurang lebih memiliki seribu varian.

Sosis yang memiliki bentuk yang khas yaitu bulat panjang, dengan varian warna yang umumnya berwarna merah atau cokelat. Untuk membuat sosis bisa menggunakan daging sapi, ayam, domba, ikan atau daging babi. Banyak yang beranggapan sosis itu memiliki nilai gizi yang tinggi karena terbuat dari daging giling, namun apakah benar sosis sehat untuk tubuh?

Dibeberapa penelitian, sosis tidak dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Pasalnya pada seseorang yang mengalami kondisi tertentu, dilarang untuk mengonsumsi sosis. Mengapa demikian? Simak baik dan buruknya kandungan sosis untuk kesehatan

Manfaat Sosis

Sosis terbilang panganan yang cukup praktis untuk dikonsumsi, bahkan sangat awet untuk disimpan dalam jangka yang cukup lama. Selain itu sosis juga mengandung zat gizi yang baik, yaitu:

1. Protein

Sosis mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh, karena terbuat dari daging giling hewan. Seperti yang kita ketahui bahwa daging merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, karena dapat berfungsi sebagai zat pembangun. Selain itu protein juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, berdasarkan Standart Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995).

Sosis yang baik harus mengandung protein minimal 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika semua standart tersebut terpenuhi, maka dapat disimpulkan bahwa sosis merupakan makan sumber protein.

2. Vitamin B12

Selain protein, sosis juga memiliki kandungan vitamin B12 yang bersumber dari kelompok makanan yang berasal dari hewani. Vitamin ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang mengalami proses fermentasi, seperti tahu, tempe atau sayuran yang telah mengalami pembusukan.

Fungsi dari vitamin B12 sebagai mengaktifkan bentuk folat serta diperlukan dalam fungsi normal, semua metabolisme sel saluran cerna, sumsung tulang, dan jaringan syaraf.

3. Zat Besi (Iron)

Zat besi terdapat pada sumber hewani mampu diserap tubuh lebih besar dari pada bentuk zat besi yang berasal dari nabati (non-heme). Fungsi zat besi adalah sebagai alat angkut oksigen dalam bentuk hemoglobin, mampu meningkatkan kemampuan belajar, dan mencegah anemia.

Bahaya Sosis yang Perlu Diketahui

Dibalik kebaikan dan kelezatan dari sosis, ternyata sosis juga dapat menimbulkan resiko bagi kesehatan, sosis mengandung lemak tak jenuh, sodium dalam jumlah yang tinggi, tidak mengandung serat, serta zat aditif untuk menimbulkan sifat sensori bagi sosis.

Namun bahaya sosis tersebut dapat diatasi dengan cara membuat sendiri sosis dirumah, sehingga anda bisa membatasi bahan-bahan yang dapat merugikan tubuh anda. membuat sosis dirumah sangat lah mudah, anda cukup menggunakan daging segar yang digiling. Kemudian anda bisa menggunakan bumbu dan rempah yang segar, untuk zat pengawet anda bisa menggunakan garam sebagai bahan pengawet.

Pemilihan selongsong sosis pun menjadi hal penting dalam membuat sosis, karena selongsong sebagai pembungkus daging giling. Dimasa lampau selongsong sosis terbuat dari usus hewan, namun saat ini anda tidak perlu repot untuk mencari usus hewan sebagai selongsong. Anda cukup menggunakan Visko Plastik Casing, dengan bahan yang aman untuk tubuh food grade.

Visko Plastik Casing, telah di produksi sejak tahun 1952 dan telah memenuhi standart International ISO 9001. Visko – Teepak juga memenuhi peraturan pemerintah akan keamaan lingkungan sesuai dengan sertifikasi ISO 14001. Sertifikat halal dan kosher juga telah dikeluarkan untuk kedua produk plastik dan visco fibrous casing.

Casing juga tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti kuning, coklat, merah dan transparan. Semua jenis produk Visko Plastik Casing memiliki kualitas yang tinggi dan bisa anda dapatkan di Markaindo. Berbagai macam jenis produk dari Visko Plastik Casing ada di Markaindo selain itu jual mesin pengolah makanan, untuk memudahkan dan mencari bahan lainnya dengan cepat dan nyaman. Silahkan cek website-nya di www.markaindo.co.id atau bisa melalui email di marketing@markaindo.co.id. Pilihan solusi berbelanja yang tepat dan nyaman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *